Minggu, 18 Desember 2016

FAKTA dan MITOS MSG

MSG (Monosodium Glutamate) merupakan bumbu penyedap yang sudah sejak lama beredar luas dipasaran. MSG banyak digunakan untuk membumbui masakan aga lebih lezat.  

Lalu apakah benar MSG dapat membuat bodoh?


Secara kimiawi, MSG terdiri dari sodium dan glutamate. Kedua zat tersebut secara umum tidak membahayakan bagi tubuh, apalagi menyebabkan kebodohan. Entah apa yang awalnya mencetuskan mitos tersebut.
Namun, berbagai studi membktikan bahwa konsumsi MSG hingga 3 gram perhari tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan. Bahkan tidak terbukti menurunkan tingkat intelegensi.
Lagipula, sebenarnya anda tidak dapat sepenuhnya terhindar dari MSG. Meskipun tidak mengkonsumsi MSG yang banyak beredar dipasaran, banyak makanan yang anda konsumsi sehari-hari sebenarnya mengandung “MSG Alami”, sebut saja kaldu ayam, daging, wortel, kentang, bawang putih, kecap, dll.
Saat dimasak bahan makanan tersebut juga menghasilkan zat monosodium glutamate.
Jadi, secara umum MSG aman untuk digunakan. Namun, memang ada orang-orang tertentu yang memiliki hipersensitivitas terhadap MSG. Mereka bisa mengalami gatal, kemerahan di kulit, sesak, atau reaksi alergi lainya saat mengkonsumsi MSG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar